HARGAI ORANG YANG MEMBUAT KEMAJUAN

Success Tips diambil dari buku “SANG MOTIVATOR PEMBEBAS” terbitan Gramedia

Author: Johanes Lim, Ph.D, CPC, CHt

WA: 0857 8017 3862

www.indonesia-inc.com

 

 

HARGAI ORANG YANG MEMBUAT KEMAJUAN

 

Never discourage anyone…who continually makes progress, no matter how slow.

Plato

Jangan pernah mengecilkan hati siapapun…. yang secara berkesinambungan membuat kemajuan, bagaimanapun lambannya

Plato

 

Saya sependapat dengan Plato, bahwa kita tidak boleh dan tidak patut mencela atau merendahkan orang yang terus membuat kemajuan dalam hidupnya, sekalipun terkesan lamban.

Bahkan kita harus menghargai orang seperti itu, dan memberikan dukungan semangat; karena ia telah menjadi orang yang jauh lebih baik dan lebih berkualitas, dibandingkan kebanyakan orang.

 

Sebagai pelatih dan konsultan bisnis yang telah 16 tahun berurusan entah dengan berapa banyak orang segala level dan latar belakang, saya paham betul bahwa, didunia ini sangat banyak prilaku orang yang cinta status-quo, betah di comfort-zone, tidak mau berubah.

Karena enggan berubah, maka orang itu akan tetap sama, terkesan abadi, baik dahulu, sekarang dan sampai selama-lamanya; entah didalam hal kompetensi, motivasi, produktivitas maupun kualitas hidup.

 

Jadi, orang yang masih bersedia berubah, yang mampu berubah menjadi lebih baik, yang mau belajar, secara berkesinambungan; sekalipun setiap kali hanya sedikit, atau sebentar; masih lumayan. Ibarat pepatah, “Sedikit sedikit lama lama jadi bukit”

Seperti teman lama saya, ia terinspirasi dan berkomitmen untuk setiap hari membaca kitab suci; namun anehnya, setiap kali membaca, begitu selesai satu halaman, ia pasti jatuh tertidur.

Sesungguhnya ia merasa bersalah dan malu dengan kebiasaannya itu, namun entah mengapa, bagaimanapun kerasnya ia berusaha, tetap saja hal itu terjadi; sehingga memerlukan waktu nyaris 4 tahun baginya untuk membaca habis sebuah kitab suci (Alkitab umumnya berisi sekitar 1370 halaman).

Sambil menahan perasaan geli (lucu) saya berusaha menghiburnya, “Lumayan Bro, biar lambat yang penting selamat, ha ha…, banyak saudara saudari kita seiman yang mencari Injil Yohanes didekat kitab Ulangan, ha ha ha…!”

 

Saya memberi contoh diatas agar Anda dan saya setuju bahwa bagaimanapun kecilnya atau sedikitnya kemajuan yang dilakukan orang, selama dilakukan secara berkesinambungan, sudah merupakan hal bagus.

Itu adalah perbuatan tidak umum, yang berbeda dengan kebanyakan orang yang tidak biasa melakukan kemajuan berkesinambungan.

 

Memang idealnya, kita mau dan mampu menciptakan kemajuan hidup yang besar, hebat, dan monumental; namun karena tidak banyak orang yang dikaruniai talenta, kapasitas dan ambisi seperti itu; maka bagi orang yang bisa melakukan perbaikan dan kemajuan secara terus menerus, adalah baik dan patut dihargai, sekalipun kecil dan lamban