SELALU ADA KESEMPATAN

Success Tips diambil dari buku “SANG MOTIVATOR PEMBEBAS” terbitan Gramedia

Author: Johanes Lim, Ph.D, CPC, CHt

WA: 0857 8017 3862

www.indonesia-inc.com

 

 

 

SELALU ADA KESEMPATAN

 

When one door closes another one opens; but we so often look so long and so regretfully upon the closed door, that we do not see the ones which open for us.

Bell, Alexander Graham

Ketika satu pintu tertutup, pintu yang lain terbuka; namun kita sering terpaku terlalu lama dengan perasaan sesal, menatapi pintu yang tertutup, sampai tidak melihat adanya pintu lain yang terbuka

untuk kita

Bell, Alexander Graham

 

Hidup ini kompleks dan variatif, tidak monoton.

Baik kemenangan atau kekalahan; baik kekayaan atau kemiskinan; baik kesuksesan atau kegagalan; semuanya terjadi secara berulang-ulang, dan dalam berbagai intensitas dan variasi.

Tidak ada sesuatu (diluar urusan kelahiran dan kematian) yang terjadi hanya satu kali dan tidak pernah terjadi lagi, melainkan sudah sedang dan akan terjadi lagi, pada suatu waktu, dan dengan bentuk serta variasi yang mungkin berbeda; namun pasti terjadi lagi!

Sebelum ajal, sebelum mati, maka kesempatan dan kesempitan; berkah dan musibah; akan datang silih berganti; dalam kehidupan kita.

 

Jadi, ketika kita mengalami kekalahan atau kegagalan dalam hidup; apakah kalah dalam pertandingan olahraga; atau tidak lulus ujian sekolah; atau tidak lulus tes penerimaan lowongan kerja; atau ditolak ordernya oleh pelanggan kakap; atau rugi dan bangkrut dalam bisnis; atau dipecat dari pekerjaan; atau dicerai oleh pasangan hidup; atau mengalami musibah kebakaran atau banjir bandang atau gempa bumi yang meludeskan semua harta benda kita; apapun juga yang sudah dan sedang terjadi dalam hidup kita sekarang…….ingatlah satu hal:

  • Itu ibarat kita menghadapi pintu yang tertutup!
  • Menghadapi penghalang!
  • Menghadapi rintangan, cobaan, kesukaran!

 

Namun karena hidup ini tidak monoton, dan tidak ada yang mutlak mutlakan. Tidak ada yang mutlak jelek atau mutlak bagus! Tidak ada yang mutlak susah dan mutlak senang! Tidak ada yang mutlak membenci atau mutlak mencintai! Tidak ada yang mutlak menolak dan menutup pintu untuk selama-lamanya!

  • Hidup ini lebih mirip ayunan: kalau yang kanan kebawah, maka yang kiri akan keatas. Kalau yang kiri kebawah, maka yang kanan pasti keatas. Jika yang kanan ditengah-tengah, maka yang kiri juga pasti ada ditengah-tengah.

Ketika satu pintu tertutup, pastilah ada pintu lain yang terbuka!

Habis gelap terbitlah terang!

Dibalik musibah pasti ada berkah!

Ada yang menangis tapi pasti ada yang tertawa!

Ada yang jatuh miskin, tapi pasti ada yang kaya mendadak!

Sama seperti ayunan, tidak mungkin terjadi kedua sisi ayunan sama sama berada pada titik berat disebelah bawah secara bersamaan. Kalau yang satu berada dibawah, maka yang satunya harus berada disebelah atas!!!

 

Jadi maknanya:

  • Bagaimanapun nampak susah dan hitam suatu persoalan, percayalah bahwa pasti ada sisi terangnya, ada sisi baiknya. Tugas kita adalah membuka lebar lebar mata dan telinga serta pancaindera kita untuk mencari tahu, dimana ada kebaikan dibalik semua musibah ini??

 

Coba saudara perhatikan, ketika terjadi musibah bencana alam (baik gempa bumi maupun tsunami). Ada banyak orang dan keluarga yang mendadak jatuh miskin karena hartanya hancur; namun juga banyak orang yang mendadak jadi jutawan karena mendapat berkah dari proyek rekonstruksi atau relokasi korban bencana!

Sama seperti seusai bencana gunung meletus misalnya, yang meluluhlantakkan semua benda yang dilewati lahar panas; namun beberapa tahun kemudian, daerah bekas letusan gunung berapi itu akan menjadi daerah yang sangat subur!

 

Jangan terlalu lama bengong terlonglong menyesali diri karena mengalami musibah, atau kecelakaan atau kerugian, atau penolakan. Setelah Anda tahu ditolak, atau mengalami kegagalan, segera cari tahu apakah penyebab utama Anda mengalami kerugian tsb. Setelah itu, cari tahu cara untuk mengubah kelemahan menjadi kekuatan, kekurangan menjadi keunggulan; sudah, beranjaklah dari lokasi kegagalan, dari pintu yang tertutup, dan buka mata lebar-lebar untuk mencari pintu lain yang terbuka.

Berjuanglah kembali dengan cara yang lebih baik. Manfaatkan semua kesempatan yang ada. Anda pasti bisa berhasil!

Jika Anda bisa gagal, maka Anda juga bisa sukses!

Jika Anda bisa miskin, maka Anda juga bisa kaya!

Tidak ada yang permanen!

Tidak ada yang terus menerus kalah dan gagal; sama seperti tidak ada yang terus menerus menang dan sukses. Siapa lengah dan lemah akan kalah! Siapa yang ulet dan sigap, akan menang!

Begitulah hidup dibumi yang non-diskriminatif ini. Setiap orang punya hak dan kewajiban yang sama untuk menjalani “takdir” nya; untuk menjadi pemenang atau pecundang! Tergantung pilihannya, dan tergantung aksinya!