JANGAN MENUNGGU, BERTINDAKLAH SEKARANG!

Success Tips diambil dari buku “SANG MOTIVATOR PEMBEBAS” terbitan Gramedia

Author: Johanes Lim, Ph.D, CPC, CHt

WA: 0857 8017 3862

www.indonesia-inc.com

 

 

JANGAN MENUNGGU, BERTINDAKLAH SEKARANG!

 

I don’t wait for moods. You accomplish nothing if you do that. Your mind must know it has to get down to work.

Buck, Pearl

Saya tidak menunggu perasaan tergerak. Anda tidak akan menyelesaikan apapun jika menunggunya. Pikiran Anda harus tahu bahwa sudah harus bekerja

Buck, Pearl

 

Kita sering berkata, “Aduh, lagi nggak moods nih, besok aja yaa?!” ketika harus melakukan sesuatu, dan menundanya entah sampai kapan. Hal itu bukan terjadi pada Anda saja, tapi juga pada saya, dan banyak orang lain: kita menunggu sampai merasa tergerak, sebelum mulai bertindak.

Penulis buku, melakukan hal itu. Pelukis melakukan hal itu.

Salesman melakukan hal itu. Pebisnis melakukan hal itu

Pelajar melakukan hal itu. Ibu rumahtangga melakukan hal itu

Bisa saja TUHAN juga melakukan hal itu…. ha ha ha… just kidding!

 

Buku SANG MOTIVATOR ini memerlukan waktu penyelesaian sampai entah berapa tahun, sejak awal saya berniat menulisnya. Alasannya ada saja, “Belum moods untuk menulis, masih banyak kerjaan!”

Kalau saya tidak memaksakan diri untuk terus menulis –sekalipun setiap kali hanya sanggup satu atau dua topik- mungkin sampai saya tua belum juga tuntas!?

 

Ketika saya harus menata ulang kolam ikan dihalaman depan, saya juga menunda nundanya sampai berbulan bulan, dengan alasan yang klise, “Lagi belum moods!”

Saya baru bertindak ketika sudah merasa urgent, dan harus!

Hal serupa juga terjadi ketika saya berencana untuk bangun pagi dan berolahraga secara rutin, minimal lari pagi keliling kompleks. Namun sampai bertahun-tahun, setelah membeli berbagai perlengkapan olahraga, saya belum juga melakukan niat saya, dengan alasan, “Nggak moods!”

Saya baru berolahraga setelah “terpaksa” harus olahraga, karena kadar trigliserid saya tetap tinggi sekalipun sudah makan obat. Kata dokter, jika saya bandel, maka jangan kaget jika suatu hari saya gagal jantung!? Maka tanpa perlu menunggu “moods” saya langsung olahraga, dan hanya dalam waktu seminggu, kadar trigliserid saya turun, dari diatas 600 menjadi 167, tanpa obat!

 

Jadi saya tahu rahasia mengatasi prilaku menunda-nunda dengan alasan “Enggak moods”, yakni dengan cara memaksakan diri untuk bertindak! Tidak perlu minta ijin dan tidak perlu kompromi terhadap pikiran atau perasaan Anda, tinggal perintahkan dan bertindaklah; maka Anda pasti sudah bertindak, tanpa perlu menunggu “moods”.

Mengapa?

Karena kita adalah majikan atas pikiran, perasaan, dan prilaku kita sendiri! Kalau kita serius mau bergerak, pasti bergerak!

Jika kita tidak bergerak sekalipun merasa mau, maka artinya kita tidak cukup mau!

Tidak ada alasan lain. Sesederhana itulah.