KEPUTUSAN PIKIRAN

Success Tips diambil dari buku “SANG MOTIVATOR PEMBEBAS” terbitan Gramedia

Author: Johanes Lim, Ph.D, CPC, CHt

WA: 0857 8017 3862

www.indonesia-inc.com

 

 

KEPUTUSAN PIKIRAN

 

Whether you think you can or whether you think you can’t,

you’re right!

Henry Ford

Apakah Anda berpikir Anda bisa, ataukah Anda berpikir tidak bisa,

Anda benar!

Henry Ford

 

Henry Ford adalah pebisnis Amerika legendaris, pelopor industri otomotif Ford, yang terkenal dengan karakteristiknya yang kreatif, pragmatis, dan result-minded.

Ford telah terbiasa menghadapi kesukaran dan hambatan serta kegagalan sepanjang kariernya; namun karena kegigihan dan keberaniannya bertindak, mengambil resiko, dia bisa meraih kesuksesan dan kekayaan yang historical.

 

Nah, pernyataan diatas adalah termasuk kunci kesuksesan Ford, yakni, “Keputusan Pikiran”, apakah pikiran Anda memutuskan bahwa Anda tidak bisa melakukan sesuatu ataukah Anda bisa melakukan sesuatu; maka hal itu benar adanya, bagi Anda!

Jika Anda berpikir “Saya Bisa!”, maka pikiran yang telah memutuskan hal itu akan mencarikan caranya, bagaimana agar bisa mewujudkan keputusan “bisa” itu.

Karena dipikirkan caranya agar bisa, maka cepat atau lambat, mudah atau sukar, pasti ditemukan caranya; sehingga apa yang semula hanya menjadi keputusan pikiran, sekarang menjadi kenyataan, BISA BERHASIL!

 

Juga, ketika pikiran Anda memutuskan “Tidak Bisa!”, maka ia akan memikirkan berbagai alasan dan fakta untuk mendukung keputusannya. Mungkin pikiran akan mengingatkan Anda tentang peristiwa beberapa tahun lalu, ketika Anda gagal melakukan hal yang mirip dengan apa yang diperhadapkan kepada Anda sekarang. Atau pikiran akan mengutip beberapa komentar dari beberapa orang yang telah mencoba melakukan hal serupa tapi yang mengalami kegagalan, dan seterusnya.

Ketika pikiran sudah puas memberikan “segudang alasan” mengapa hal itu tidak bisa dilakukan, maka bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan bertindak melakukan apa yang Anda pikir “tidak bisa” dilakukan. Dan karena tidak dilakukan, maka hasilnya jelas terang: TIDAK ADA HASILNYA!

 

Itulah yang dimaksud oleh Ford dengan “Apakah Anda berpikir Anda bisa, ataukah Anda berpikir tidak bisa, Anda benar!”

Karena pikiran adalah motor, lokomotif, yang menggerakkan tindakan; maka ketika pikiran memutuskan, “Jangan bertindak”, maka tidak ada tindakan! Dan ketika pikiran memutuskan, “Bertindaklah!”, maka kita akan bertindak.

Soal “bisa atau tidak bisa” bukanlah persoalan “benar atau salah”, juga bukan urusan, “fakta atau opini”, melainkan urusan persepsi pikiran. Itulah sebabnya, BAGI ANDA, apa yang Anda pikirkan dan putuskan bagi diri Anda sendiri adalah benar, bagi diri Anda sendiri!

Sedangkan bagi saya atau orang lain, bisa saja apa yang Anda putuskan adalah tidak benar; namun karena Anda bukan saya, dan saya bukan Anda, maka tetap saja:

  • Apapun juga yang Anda putuskan bagi diri Anda sendiri adalah benar bagi Anda!

 

Itulah sebabnya, Anda atau siapapun juga harus menanggung segala konsekwensi atas keputusan pikirannya; dan tidak pantas untuk berkilah menyalahkan siapapun atau apapun juga jika keputusan pikirannya salah dan merugikan diri sendiri!